facebook

Sabtu, 27 Juli 2013

Membesarkan Ikan Patin



PEMBESARAN IKAN PATIN
oleh : Hotler Panjaitan, S.IP
INSTRUKTUR BPPP- MEDAN


PENGENALAN IKAN PATIN

Ikan Patin (Pangasius, sp) termasuk juga ikan dalam kelompok catfish pertama sekali berasal dari Eropa  tahun 1846 dan Thailand 1996 mulai dibudidayakan di Indonesia, ikan ini terdapat 14 jenis, namun yang banyak dikonsumsi dan dikenal masyarakat ada jenis 2 jenis yaitu pangasianodon hypopthalmus yang berasal dari Thailand dan pangasius jambal bleker dapat mencapai 20 kg  bahkan lebih satu ekor, ada yang beratnya mencapai 100 kg dengan panjang dapat mencapai 1,5 meter, penyebaran ikan patin ini  banyak terdapat di Pulau Sumatera yaitu Riau, Palembang. Ikan patin mulutnya kecil, sirip dadanya 2 buah dan sirip punggung satu, sepintas mirip dengan ikan baung, dagingnya lembut dan tebal, gurih dan enak. Ikan ini termasuk jenis ikan pemakan segalanya (Omnivora) Biji-bijian dan serangga, jenis moluska, ikan, dan udang namun lebih mengarah carnivora. Ikan patin  lebih cenderung lebih aktif makan dimalam hari.  
  
HABITAT IKAN PATIN

Ikan patin hidup di perairan umum, sungai, rawa, waduk dengan perairan agak dalam dan menetap di dasar, untuk dibudidayakan di kolam ikan patin dapat bertahan dikedalaman 2-3 meter. Sifat ikan patin ini  suka bergerombol dan memijah dimusim penghujan. Jenis tanah yang baik adalah tanah liat/ lempung tidak berporos, pH 6 - 8, dengan suhu 26 -28 derajat celsius, air untuk budidaya ikan patin harus jernih tidak boleh keruh, kandungan oksigen 2 – 5 ppm, CO2 tidak lebih dari 12 ppm, kecerahan air 30 – 45 cm, ikan patin baik dibudidayakan pada ketinggian 0 – 200 meter diatas permukaan laut (dpl).   

1.  PERSIAPAN  KOLAM

Konstruksi kolam ikan patin yang perlu dipersiapkan ini adalah kolam dengan padat tebar tinggi dengan teknologi intesifikasi yaitu luas kolam relatif kecil kira kira  200 m2 dengan kedalaman 2 – 3 meter sesuai dengan habitat ikan patin. Kolam usahakan berada dilokasi yang sumber airnya cukup untuk persediaan air penambahan maupun penukaran air yang bersumber dari air sungai, waduk atau sumur bor. Adapun langkah langkah yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
a.  Pengeringan dasar kolam
   - Dasar kolam dikeringkan lumpur yang cair  dinaikan
   - Pematang yang bocor ditutup
   - Dasar kolam dicangkul balik
   - Dibiarkan 2 minggu agar gas H2S menguap
   - Caren /saluran air diperbaiki, ukuran lebar caren 1 meter, dalam 30 cm
   - Saluran pipa masuk berada diatas benteng atau pematang
   - Saluran pipa buang diatas pematang agar air tetap sirkulasi masuk dan keluar
   - Hama atau ikan sisa didalam kolam dipastikan telah semua dibuang dan dibersihkan untuk menghindari   
     hama penyakit ikan  pesaing makanan ikan patin
   - Pengapuran dasar kolam disesuaikan dengan pH tanah dasar kolam  20 kg/200 m.
   - Dasar kolam dipupuk dengan pupuk kandang/kompos 30 kg/ 100 m




Persiapan kolam harus benar – benar diperhatikan karena lama pembesaran ikan patin 5-6 bulan karena  dalam hal persipan kolam ini seringkali pembudidaya tidak melaksanakannya dengan baik untuk alasan menghemat waktu pada hal kalau dilaksanakan dengan baik maka ikan terhindar dari penyakit, kualitas air baik  dan  pertumbuhan ikan akan cepat dan hasilnya akan  lebih memuaskan



2.  PENEBARAN BENIH GELONDONGAN  IKAN  PATIN

   - Setelah air dimasukan kedalaman kedalam kolam hingga penuh tunggu 2 minggu

   - Masukan benih ikan patin gelondongan  ukuran 3 inchi dengan padat tebar 100 ekor/m2    

     jumlah  10.000 ekor
   - Air selalu bersirkulasi dan mengalir dari pipa masuk memacur dan keluar dari pipa buang atas hal     
      ini sangat penting untuk memastikan kejernihan air tersedia didalam kolam
   - Kebersihan air dan cukupnya air yang bersih merupakan syarat mutlak pada budidaya ikan patin



                           Gambar :  Kondisi air kolam pembesaran terlihat jernih
3. PEMBERIAN PAKAN
Pakan yang diberikan pada ikan patin yang baru ditebar adalah ukuran pakan dengan ukuran  1 mm dipilih dari pakan buatan pabrik yang memenuhi standar mutu yang kaya protein dan vitamin. Agar dapat dipastikan dengan mengikuti feeding program yang tertulis pada lebel pakan yang dipilih atau dibeli dengan pemberian pakan selama 5 - 6  bulan atau 15 kali perubahan dosis berat pakan dengan melakukan pencatatan jumlah mortalitas ikan dikurangi dengan jumlah yang hidup kali 3 - 5% bobot ikan. Konversi pakan adalah 3,7 : 1 artinya tiap 3,7 kg pakan akan meningkatkan pertumbuhan ikan 1 kg kalau pemberian pakan ini mengandalkan pakan yang bersumber dari pabrik dengan harga a. Rp. 6000,- dapat dipastikan pembudidaya ikan akan rugi untuk mengatasi hal tersebut dengan cara membuat pakan olahan sendiri yaitu dedak halus dan ikan asin busuk dengan perbandingan 2 : 1 atau 



Gambar : Pemberian pakan sisa roti dari toko roti untuk menekan

biaya produksi dengan cara menabur ditengah kolam



untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan patin dan juga untuk menekan biaya produksi usaha budidaya pembesaran ikan patin tanpa menghambat pertumbuhan ikan, ini dapat dilakukan degan pemberian pakan tambahan yaitu sisa atau limbah dari pabrik roti (tawar, manis) yang tidak layak lagi dikonsumsi masyarakat atau daluwarsa  dibeli dengan cara berlangganan dengan biaya murah.

Pemberian pakan tambahan /roti ini pastikan  jangan yang sampai berjamur warna merah karena jamur merah itu sudah mengandung racun.   



4. PEMANENAN IKAN PATIN

a. Panen Total
Setelah 5 -6  bulan pemberian pakan dengan mengikuti feeding program 5% pakan dari bobot ikan yang hidup, atau dengan cara pemberian pakan sampai kenyang pada ikan patin. Panen dapat dilakukan sekaligus atau yang disebut panen total dimana ikan yang besar dan kecil semua dipanen dan ditimbang dengan harga yang sama. Pogram makan 5 – 6 bulan  ini tidaklah mutlak dapat juga hasilnya kurang dari waktunya atau lebih hal yang menyebabkan ini adalah kualitas pakan dan kualitas air di dalam kolam 

b.  Panen selektif
Panen selektif dapat dilakukan apabila besar ikan patin terlihat besarnya kurang merata di dalam kolam dengan perbedaan yang signifikan, dan harga di pasar juga agak lesu maka kita dapat melakukan panen ikan patin dengan cara memilih yang besar dahulu dijual yang masih kecil dibesarkan hingga 2-4 minggu lagi sehingga harga ikan dan besar ikan sesuai dengan permintaan pasar yaitu dengan berat 2 ekor /kg. Pada panen selektif ini dapat menggunakan jaring atau seser, dan tangguk untuk menghidari stres ikan patin tersebut cegahlah gerakan gerakan yang berlebih atau gerakan yang membuat kejutan kejutan pada ikan mas tersebut.    

Daftar Pustaka dan Nara Sumber:
- M. Ghufran H. Kordi K.,  2011, Budidaya ikan Patin secara intensif
   untuk meraup untung besar
- Ril Efrison, Ketua P2MKP Dolphin Farm
- Supriadi, S.Pi, Pelatih pada P2MKP Dolphin Farm
- Suhendra,  Pelatih pada P2MKP Dolphin Farm
 

3 komentar:

  1. pak mau menawarkan TEPUNG ROTI MANIS untuk pakan ternak
    harga 3000/kg (nego)..
    stok 10 ton/minggu
    hub: 085725943964

    BalasHapus
  2. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan test kit untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  3. Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri ,anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KI KUSUMO hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI KUSUMO di No 0852-5777-6881. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI KUSUMO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI KUSUMO DI 0852-5777-6881. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    BalasHapus